Rabu, 16 November 2011

Pengembangan Diri Disekolahku



  Pengembangan diri bahasa inggris
Dalam bidang ini, …..hmm,…..cukup menyenangkan. Cara belajar yang bukan menggunakan cara belajar pada umumnya. Seperti yang kita ketahui, yang sangat diperlukan dalam bidang ini, adalah penguasaan vocabulary. dan penguasaan vocab itu, bukan dengan cara hafalan yang seperti kita lakukan saat belajar di kelas biasa. Namun, dengan cara bernyanyi, lagu – lagu barat, dan mencari arti dari kata – kata sukar dari lirk lagu tersebut. Dan hal tersebut akan memperkaya kita akan kata – kata baru.  Selain itu, masih banyak lagi cara belajar unik dalam pengembangan diri di bidang ini…..pokoknya seruh dech…. Dalam pengembangan diri bahasa inggris ini kita dibiasakan untuk berbcara didepan banyak orang, yaitu teman – teman kita…. Dengan cara tersebut, bisa memubuat kita, terutama yang merupakan tipe orang pendiam/pemalu, dapat membiasakan diri untuk berbicara di depan orang lain. Dan hal itu tentunya sangat baik dan bermanfaat.  Selain itu, dalam bidang ini, kami juga mengedakan permaian tebak kata , untuk menambah perbendaharaan kata – kata kita. Pokoknya seru deh,…..kalau kita masuk dalam pengembangan diri dalam bidang bahasa inggris ini, pasti kita akan memperoleh hasil yang baik, dan bermanfaat.
2.       BENGKEL BAHASA
Bengkel bahasa merupakan pengembangan diri yang mengasyikan. Karena, dalam pengembangan diri ini, kita yang berpartisipasi di dalamnya dapat menuangkan ide dan kreativitas kita sebagai siswa yang kreatif. Di begkel bahasa kita dapat belajar mengembangkan bakat kita untuk membuat puisi, drama, pidato, dan lainnya. Dan hal-hal tersebut tentunya menyenangkan. Kita dapat belajar bagaimana caranya membuat suatu karya sastra dengan baik. Saat ini sedang di usahakan untuk dapat membuat majalah dinding besar yang nantinya akan di pajang di sekolah kami, guna untuk memperindah sekolah.
3.       MARCHING BAND
Marcing Band adalah salah satu pengembangan diri tertua di sekolah kami. Marching band ini sudah ada dari jaman orang tua kami sekolah. Dan terus di pertahankan sampai sekarang. Dalam hal ini, kami sempat mewawancarai salah seorang teman kami yang merupakan  salah satu anggota Marching Band, katanya, “Ikut Marching Band itu enak, karena kita tampil dengan membawa nama sekolah. Kita latihannya tiap hari Sabtu di sekolah. Tapi jadwal latihan di perbanyak jika kita mendapat job untuk tampil. Hm, rasanya “wow” banget waktu kita pakai pakaian Marching Band, apalagi saat udah tampil di jalan. Terasa bangga banget.. hehehe.. dan selain itu, Marching Band baik karena dapat menambah pengalaman kita.




PALANG MERAH REMAJA ( PMR )
Palang Merah Remaja (PMR) adalah salah satu pengembangan diri yang juga di gemari di sekolah ini, terutama oleh mereka yang bisa di bilang pencinta alam. Di PMR, para anggotanya di ajar bagaimana cara untuk menyelamatkan orang yang dalam keadaan bahaya. Contohnya, jikalau seorang dalam keadaan terdesak dan terjebak dalam keadaan juram, kami bisa menyelamatkan mereka. Kami juga diajar untuk bisa berenang, memanjat pohon, dan menggunakan tali untuk kepentingan dalam keadaan darurat. Bagaimana cara kita untuk melakukan penyelamatan terbaik dengan iklash. Kita juga di ajar dalam pengembangan diri ini, kami merasa sangan berjasa. Karena, kami bisa membantu menyelamatkan orang lain. Kami diajar untuk bisa menggunakan alat – alat P3K agar kami juga bisa mengobati prang yang mengalami kecelakaan. Kami juga sering melakukan camping, untuk melatih kami melaksaakan yang telah kami pelajari disekolah. Kami sangat merasa senang dan sangat megasyikan. Karena melatih diri kita untuk lebih berani menghadapi tantangan.
5.       KARYA ILMIAH REMAJA (KIR)
Dalam bidang ini, kami banyak mengadakan pelajaran – pelajaran yang mengenai  science. kami belajar cara membuat penelitian yang baik, kami belajar cara menulis dengan baik, mengenai karya tulis ilmiah yang sering dilombahkan dimana – mana. dalam beberapa tahun terakhir ini, kami sering mengikuti lomba. Baik karya tulis ilmiah maupun penelitian ilmiah. Dan juga melalui lomba – lomba tersebut, kami sering mendapatkan juara – juara, baik tingkat daerah maupun tingkat nasional. Contohnya ;
·         Isty, Dian, dan Maria yang mendapatkan harapan 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah (KIR) tingkat Nasional yang berlangsung di Surabaya (Universitas Ubaya)
·         Ratri sopacua yang mendapatkan  juara 2  dalam olimpiade penelitian siswa Indonesia (OPSI) di Jakarta .
Dengan berhasilnya mereka, kami merasa bahwa kami juga harus bisa. Oleh karena itu, kami merasa terdorong dan ingin terus berkarya dalam mencapai kesuksesan.
6.       Olimpiade MIPA
X-SCHOOL ini, mengajarkan kita untuk mengembangkan bakat dan minat kita sebagai siswa dalam bidang MIPA (MATEMATIKA, KIMIA, FISIKA, BIOLOGI) terlebih khusus kami anak – anak IPA selain mendapat pelajaran di kelas biasa, kami juga mendapatkan pelajaran tambahan pada X-SCHOOL ini. Tapi, sayangnya X-SCHOOL ini baru di buka, oleh karena itu kami belum bisa mengembangkan bakat kami dalam bidang ini, kami belum bisa mengikuti lomba – lomba dan memberikan kebanggaan bagi sekolah kami. Tetapi, meskipun X-school ini baru di buka, peminat yang ingin mengikuti X-School ini sangatlah banyak.
7.       CHEERS
Cheers merupakan salah satu pengembangan diri yang banyak di gemari oleh cewek-cewek di sekolah kami. Menurut salah satu anggota cheers, kegiatan ini sangat menantang nyali kita untuk tampil di depan orang banyak. Dalam pengembangan diri di bidang cheers ini, kami diajarkan untuk mengetahui gerakan – gerakan yang baik yang bisa menyenangkan orang lain. Kami mendapatkan banyak pelajaran dalam pengembangan diri ini. Selain menantang kita untuk bisa bergoyang di depan umum, juga menantang nyali kami untuk membuat formasi susunan yang dapat membawa dampak bagi kaki. Tetapi, dengan kegiatan ini, membuat kami merasa bangga. Karena membawa nama sekolah dengan tampil di acara – acara tertentu. Seperti yang biasa kami ikuti yaitu kegiatan kegiatan basket yang sering dilaksanakan seperti  SMAVER CUP, dan juga lomba – lomba basket yang diadakan telkomsel, dan pihak – pihak lainnya. Kami sering membuka acara – acara tersebut dengan atraksi cheers kami. Kami sering menyemangati anak – anak basket, pokoknya seruh dech… semua merasa bahagia ,elihat kami, dengan menggunakan pakaian veminime layaknya artis…heheheheheheee….
8.       Basket ball
Pengembangan diri yang sangat diminati oleh anak – anak lelaki disekolah kami. Kebanyakan anak – anak lekaki mengikuti pengembangan diri ini, mereka sering mengikuti lomba – lomba yang sangat banyak. Bahkan sekolah telah membuka turnamen setiap tahun d SMA XAVERIUS yang biasa disebut dengan SMAVER CUP. Kegiatan SMAVER CUP ini sudah dilaksanakan dalam 4 tahun berjalan ini. Banyak pengalaman yang mereka dapatkan dengan mengikuti kegiatan ini. Anak – anak basket mendapatkan gelar yang sangat baik dan berguna bagi  pengembangan bakat mereka. Sekalian untuk berolahraga dan kelebihan mereka.
9.       Ekonomi  akuntasi
Pada pengembangan diri akuntasi ini, kami diajarkan untuk bagaimana mempelajari akuntasi  dengan baik. Bagaimana menentukan debet dari sebuah keuangan Negara dan sebagainya. Mereka diajarkan dengan baik agar menjadikan pengetahuan lebih bertambah dan lebih berkembang dalam segala hal. Mereka yang mengikuti pengembangan diri tersebut siap dipekerjakan di mana saja yang menyangkut dengan ekonomi. Baik sekretaris, pegawai bank, dan lain sebagainya. Bagi setiap pihak yang ingin mencari pegawai yang baik silaan hubungi SMA XAVERIUS. Karena, SMA XAVERIUS menyediakan anak – anak yang baik, yang bias berguna bagi kehidupan.
10.   Pencak silat
Pada pengembangan diri ini, mereka d.iajarkan untuk menjadi anak – anak  yang kuat, yang bisa . membela diri dari orang lain. Mereka telah mengikuti beberapa kejuaraan tetapi sayangnya mereka belum beruntung. Tetapi, pengembangan diri ini sangat diminati oleh banyak anak – anak karena melatih diri mereka  untuk bias bertahan dalam keadaan apapun.
11.   Paduan suara
Dalam paduan suara yang terlibat adalah anak – anak yang memiliki suara yang baik, yang akan dikembangkan dan akan di pamerkan dalam berbagai kegiatan yang di laksanakan dalam sekolah maupun di luar sekolah. Kegiatan tersebut sering berlangsung saat mereka MISA digereja maupun lainnya. Hal yang sangat membanggakan bagi sekolah kami ini, yaitu banyak siswa yang mengikuti pengembangan diri ini yang terpilih mewakili kota AMBON untuk menjadi anggota paduan suara di ISTANA NEGARA. Selalu yang mewakili adalah anak – anak XAVERIUS, karena melalui pengembangan diri paduan suara ini. Mereka diajarkan untuk bisa membaca not - not baik notasi angka maupun notasi balok. Contoh yang mewakili SMA XAVERIUS untuk menjadi anggota paduan suara di ISTANA NEGARA yaitu;
·         Rinneke Florensca Melsadalam,
·         Firnanda Jessica Nanlohy.

4.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar